Bagi mereka yang baru menikah, tentu memiliki momongan adalah hal yang paling dinantikan. Namun, untuk mendapatkan momongan bagi sebagian orang bukanlah hal yang mudah. Untuk mendapatkan momongan, perlu usaha keras dan kesabaran. Makanan yang dimakan harus sehat dan bergizi seperti susu, sayuran, telur, keju, dan buah-buahan.

Buah yang Mengandung Asam Folat Tinggi

Membicarakan soal kehamilan dan buah-buahan, ada beberapa buah-buahan yang ternyata dapat meningkatkan kesuburan kandungan. Buah-buahan apa saja itu? Berikut jawabannya.

Grapefruit

Grapefruit ini bentuknya hampir mirip dengan jeruk bali, tapi ukurannya kecil dan warnanya lebih terang. Buah ini biasanya dikonsumsi oleh mereka yang sedang mengontrol berat badan serta untuk mendapatkan antioksidan alami. Buah ini biasanya dijadikan camilan sehat.

Grapefruit ini banyak mengandung vitamin C dan A. Kandungan airnya sekitar 90%  dengan serat yang tinggi dan kalori yang rendah. Buah yang satu ini sangat baik untuk kesehatan organ reproduksi.  Sebuah universitas di California menyebutkan bahwa buah ini dapat membantu seseorang untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Nah, kesehatan reproduksi berhubungan erat dengan berat badan yang ideal serta kesehatan secara menyeluruh.

Selain itu, buah ini merupakan sumber asam folat dan zat besi yang baik untuk janin pada awal kehamilan.  Bagi mereka yang ingin hamil, konsumsi grapefruit ini sangat disarankan karena dapat membantu dalam proses konsepsi, yaitu proses bersatunya sel telur dengan sel sperma.

Grapefruit juga dapat mengubah konsistensi dari lendir serviks. Dengan demikian, dinding serviks akan lebih tipis. Hal ini merupakan lingkungan yang sangat baik untuk sperma sehingga dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya pembuahan.

Alpukat

Alpukat mengandung asam folat yang sangat tinggi dan baik untuk pertumbuhan janin.  Asam folat ini juga diperlukan untuk memproduksi serta menjaga kesempurnaan dar DNA dan DRA dalam gen seseorang. Inilah sebabnya mengapa ibu hamil dan ibu yang berencana hamil sangat membutuhkan asam folat dalam jumlah yang tidak sedikit.

Pada tiga bulan sebelum kehamilan, sebaiknya asam folat ini sudah ada dalam tubuh Anda karena asam folat ini bisa bertahan selama 100 hari dalam darah sebagai cadangan. Namun, berhati-hatilah dalam mengolah makanan yang mengandung asam folat karena jika cara memasaknya tidak benar, kandungannya akan hilang sekitar 80%. Anda tentu tidak mau ini terjadi, bukan?

Meskipun banyak orang yang mengetahui bahwa alpukat mengandung asam folat yang baik untuk janin, tapi masih banyak orang yang ragu untuk mengkonsumsinya karena kandungan lemak yang tinggi. Memang, kandungan lemak dalam alpukat lebih tinggi jika dibanding dengan buah lain. Tapi, lemak yang terkandung dalam alpukat ini merupakan lemak tak jenuh tunggal. Lemak ini bisa dikatakan lemak baik yang dapat menurunkan kolesterol LDL dan menaikkan kolesterol HDL. Sebenarnya, hal ini baik untuk ibu hamil karena lemak juga diperlukan oleh ibu hamil untuk menghasilkan energi.

Pada trimester pertama kehamilan, pembentukan sistem saraf , otak, dan tulang sumsum.  Janin yang mengalami kekurangan asam folat dapat menderita cacat seperti bibir sumbing, jantung, saluran kemih, dan sebagainya.  Jika janin ini ternyata tidak mendapatkan asupan asam folat yang cukup, ia akan mengambilnya dari sang ibu. Hal ini tentu akan berakibat buruk pada kesehatan sang ibu seperti letih, kurang darah, depresi, insomnia, preeklamsia, dan sebagainya.  Selain itu, sang ibu juga berisiko terkena kanker seperti kanker usus, pankreas, dan payudara.

Asam lemak yang terkandung dalam alpukat juga dapat menghilangkan lemak yang ada dalam darah. Jika lemak dalam darah ini mencapai kadar yang tinggi, hal tersebut akan membahayakan kesehatan seseorang seperti stroke dan serangan jantung.

Asam folat yang terkandung dalam sebuah alpukat adalah sekitar 114 mikrogram.  Kebutuhan asam folat untuk ibu hamil yaitu sekitar 600 mikrogram, untuk ibu yang sedang menyusui sekitar 500 mikrogram, dan ibu tidak hamil sekitar 400 mikrogram. Jadi, untuk memenuhi kebutuhan asam folat, Anda dianjurkan mengkonsumsi sekitar 4 hingga 5 buah alpukat per hari.

Selain lemak dan asam folat, buah ini juga mengandung fiber atau serat yang baik untuk pencernaan sehingga mencegah terjadinya susah buang air besar pada ibu-ibu hamil umumnya. Jika dibandingkan dengan pisang, alpukat memiliki kadar kalium yan lebih tinggi. Kalium in berguna untuk mengontrol tekanan darah. Jika tekanan darah naik, hal ni akan membahayakan janin yang dikandung.

Semangka

Semangka memiliki kandungan air yang cukup banyak.  Hal ini akan mencegah terjadinya dehidrasi pada ibu hamil. Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari buak semangka ini adalah mengurangi morningsick dan rasa mual yang berlebihan. Selain itu, buah yang satu ini juga dapat mengurangi terjadinya preeklampsia serta kram otot di trimester pertama kehamilan, membantu perkembangan otot, otak, mata dan kekebalan tubuh pada janin. Inilah alasan semangka sangat bagus dikonsumsi bagi Anda yang berencana hamil.

Buah yang Dapat Menyuburkan Sperma

Selain faktor kesubuan wanita, factor kesuburan pria juga dapat memicu sulitnya memiliki anak.  Seorang pria bisa dikatakan memiliki sperma yang bagus jika jumlah spermanya lebih dari 500 ribu setiap cc-nya. Jika kurang dari jumlah tersebut, dapat dipastikan pria tersebut memiliki sperma yang tidak subur. Nah, ada cara yang dapa membantu menyuburkan sperma pria, yaitu dengan mengkonsumsi buah-buahan.

Tidak semua buah-buahan dapat meningkatkan sekuburan sperma. Berikut beberapa buah-buahan yang dapat meningkatkan kesuburan sperma.

  • Jambu Biji

Jambu biji mengandung likopen yang sangat baik untuk meningkatkan kesuburan sperma, stamina, serta menyehatkan organ reproduksi. Dalam satu buah jambu biji merah terkandung sekitar 80 mg likopen. Oleh karena itu, buah ini baik untuk Anda konsumsi setiap hari.

  • Tomat

Selin jambu biji, tomat juga mengandung likopen yang tinggi serta antioksidan. Selain untuk menyuburkan sperma, tomat juga dapat membuat sperma bergerak lincah dan cepat serta kualitas sperma yang dhasilkan menjadi lebih baik.

  • Pisang

Meskipun harga buah ini murah, tapi manfaat yang didapat dari buah ini ukup banyak. Pisang mengandung serat, bufotenine, dan vitamin yang tinggi. Pisang dipercaya dapat menenangkan suasana hati, menambah rasa percaya diri dan meningkatkan gairah seksual.  Selain itu, pisang juga dapat menjaga kesehatan organ reproduksi dan menyuburkan sperma.

  • Strawberry dan Mangga

Strawberry  dan mangga banyak mengandung vitamin C dan antioksidan. Dengan adanya kandungan antioksdan ini, selan dapat menyuburkan sperma, strawberry dan mangga juga dapat  menjaganya dari radikal bebas yang dapat merusak sperma. Selian itu, kedua buah ini dapat membuat sperma bergerak cepat dan lincah hingga dapat dengan mudah mencapai sel telur.

Itulah beberapa infomasi tentang buah-buahan yang sangat baik untuk membantu mempercepat kehamilan. Selamat mencoba, semoga sedikit infomasi ini dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang berupaya untuk mendapatkan keturunan. Jangan pernah bosan untuk mencoba berbagai cara untuk mendapatkan anak.

Baca juga tentang Makanan untuk Kesuburan Wanita dan Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Bunda suka dengan artikel Buah Yang Mengandung Asam Folat Tinggi ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Makanan Untuk Kesuburan Wanita. Semoga bermanfaat...

Jangan dibiarkan!! Bisa menghambat keberhasilan Program Hamil Anda.
CRYSTAL X SOLUSINYA... Gratis Ongkos Kirim ke JABODETABEK
plusone  twitter  facebook Share
Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Buah Yang Mengandung Asam Folat Tinggi. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Buah Yang Mengandung Asam Folat Tinggi, dengan URL : http://www.rahasiahamil.com/buah-yang-mengandung-asam-folat-tinggi/