Vitamin D ternyata sangat penting untuk Anda yang sedang hamil. Alison Gernand, dari Pitt Public Health’s Department of Epidemiology mengatakan bahwa “Seorang ibu dengan kadar vitamin D yang baik pada awal kehamilan (trimester pertama) dapat mempengaruhi pertumbuhan bayinya pada trimester selanjutnya. Jika ibu kekurangan vitamin D pada trimester pertama, bayinya memiliki resiko dua kali lipat terganggu pertumbuhannya dalam rahim.”

Vitamin D Agar Cepat Hamil

Dari pernyataan di atas, Anda pasti sudah bisa menyimpulkan betapa pentingnya vitamin D untuk bayi yang Anda kandung. Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Endocrinology and Metabolism, Ibu hamil yang tidak cukup mengonsumsi vitamin D memiliki resiko lebih tinggi melahirkan bayi dengan berat badan rendah. Lisa M. Bodnar dari Departemen Kesehatan Masyarakat bidang Epidemiologi mengatakan “Ini merupakan penelitian terbesar dalam mengetahui hubungan antara kadar vitamin D yang dikonsumsi ibu hamil dengan berat lahir anaknya.”

Penelitian ini melibatkan 2.146 ibu hamil yang terdaftar dalam Proyek Kolaborasi Perinatal yang dilakukan di 12 pusat medis di Amerika Serikat pada tahun 1959-1965. Sampel darah dari ibu hamil diawetkan dan diuji kadar vitamin D-nya. Hasil penelitian menunjukkan, ibu hamil dengan  kadar vitamin D rendah selama 26 minggu kehamilan melahirkan bayi yang beratnya lebih ringan rata-rata 46 gram jika dibandingkan rata-rata berat bayi normal. Bayi yang lahir dengan berat badan rendah memiliki resiko kematian yang lebih tinggi di bulan pertama. Mereka juga menderita resiko tinggi penyakit kronis, seperti penyakit jantung, hipertensi dan diabetes tipe-2.

Selain penelitian di atas, seorang praktisi kesehatan –Andrew Walker— juga mengadakan pemeriksaan selama satu minggu terhadap penyebab kematian seorang bayi berusia tiga bulan. Bayi tersebut diduga terkena gejala infeksi virus. Sang bayi akhirnya meninggal akibat radang septik hati karea katup jantung aorta dalam kondisi abnormal. Seorang konsultan ahli patologi pediatrik mengatakan bahwa kekurangan vitamin D memainkan peran dalam perkembangan infeksi, yang pada akhirnya menyebabkan kematian sang bayi.

Hal inilah yang melandasi Andrew Walker menulis kepada menteri kesehatan Inggris agar semua wanita hamil dan ibu menyusui mengonsumsi vitamin D.  Andrew juga meminta pemerintah agar mempertimbangkan pemberian vitamin D kepada semua wanita hamil dan ibu menyusui sebanyak 10 mcg setiap hari. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran publik tentang pentingnya mengonsumsi vitamin D terlebih pada wanita hamil dan ibu menyusui.

Anda bisa memperoleh Vitamin D dari sinar matahari dan dari beberapa jenis makanan seperti ikan berminyak, telur, hati dan dalam beberapa jenis makanan yang diperkaya seperti margarin, sereal sarapan dan susu bubuk. Tapi bagi Anda yang sedang hamil, disarankan untuk menghindari hati dan produk hati, telur mentah dan telur yang dimasak serta membatasi asupan ikan jenis tertentu seperti tuna.

Jadi, Ibu hamil jangan lupa konsumsi vitamin D ya… (^_^)

Bunda suka dengan artikel Vitamin D Agar Cepat Hamil ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Tips Merencanakan Kehamilan Anak Perempuan. Semoga bermanfaat...

Jangan dibiarkan!! Bisa menghambat keberhasilan Program Hamil Anda.
CRYSTAL X SOLUSINYA... Gratis Ongkos Kirim ke JABODETABEK
plusone  twitter  facebook Share
Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Vitamin D Agar Cepat Hamil. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Vitamin D Agar Cepat Hamil, dengan URL : http://www.rahasiahamil.com/vitamin-d-agar-cepat-hamil/